Senin, 07 Oktober 2024

Warga Tuban minta Bantuan Advokasi Pengurusan Ijasah Anaknya di SMK Migas Cepu akibat tak mampu Bayar




Jawa Timur, MCE - Pada kesempatan ini Bangun Purnomo Pengurus Komisi Nasional Pendidikan (komnasdik) Jatim melaksanakan advokasi pengurusan ijasah dari warga Kabupaten Tuban Provinsi Jatim yang hingga saat ini kurang lebih 5 tahunan ijasah anaknya masih belum diterima akibat masih belum mampu melunasi tunggakan biaya pendidikan di SMK Migas Cepu Kabupaten Blora Provinsi Jateng. Untuk itu, Bangun panggilan akrabnya meminta rekanan media ini menelusuri ke sekolah tersebut. Senin (7/10/2024). 


M. Jaelani, SAg, MPd Kepala SMK Migas Cepu mengatakan bahwasannya untuk masalah ijasah karena wali murid memiliki tanggungan biaya yang belum dibayar maka tidak akan diberikan kecuali wali murid melunasi atau memberi jaminan yang sesuai seperti misal menaruh sertifikat tanah sebagai jaminan pengambilan ijasah.


Lanjutnya, sekolah ini adalah sekolah swasta tentu agar sekolah ini dapat terus eksis dan bersaing dengan sekolah yang lain membutuhkan dana, misal spp dll, tuturnya.


"Dulu masih awal-awal masuk sekolah bagi wali murid yang kurang mampu dianjurkan untuk mengajukan keringanan pembayaran, namun kadang wali murid tidak memanfaatkan itu kemungkinan karena gengsi dll," ungkapnya.


Ditempat terpisah Bangun mengatakan kepada media ini, wali murid pernah datang ke sekolah dan menurut keterangan wali murid selang beberapa bulan dari kelulusan anaknya untuk mengurus hal tersebut. Ijasah akan diberikan jika melunasi tunggakan sekolah kurang lebih 12 jutaan. Sedangkan untuk SKL (surat keterangan lulus) akan diberikan jika membayar kurang lebih 3 jutaan.


Untuk itu, melalui media ini Bangun akan menindaklanjuti ke APH (aparat penegak hukum) setempat jika hal itu berlarut-larut tanpa ada kepastian yang jelas. Tutup Bangun yang sepanjang 3 tahunan ini telah mengeluarkan kurang lebih 300 ijasah dan membantu meringankan hingga gratis kurang lebih 1200 an siswa secara gratis tanpa dipungut biaya serupiahpun. (soni/mblung).

Artikel Terkait

Warga Tuban minta Bantuan Advokasi Pengurusan Ijasah Anaknya di SMK Migas Cepu akibat tak mampu Bayar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori