Kamis, 10 Oktober 2024

HUT TNI ke-79 Bawa Berkah untuk Ibu Nina



Sumedang, MCE  - Peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-79 tahun 2024 yang dirayakan secara terpusat di Monas Jakarta, juga dirayakan dengan meriah di berbagai wilayah termasuk di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Para prajurit TNI dari Koramil 1004 Tanjungsari merayakan hari ulang tahun mereka dengan berbagai kegiatan bakti sosial, seperti kunjungan kepada para purnawirawan dan warakawuri, serta pembangunan rumah tidak layak huni (RLTH) bagi warga yang tidak mampu. Kamis (10/10/2024). 

 

Pada Kamis pagi (10/10), di Dusun Sirnagalih Desa Gunung Manik, Forkompincam Tanjungsari meresmikan 1 unit rumah layak huni berukuran 7 x 6 meter milik Ibu Nina. Rumah tersebut dibangun oleh prajurit TNI yang bergotong royong dengan masyarakat dan Bhabinkamtibmas setempat. Sebelumnya, Baznas Kabupaten Sumedang memberikan dana stimulus sebesar 10 juta rupiah kepada Kodim 0610/Sumedang untuk merehab bangunan semi permanen milik Ibu Nina yang terbuat dari bilik bambu dan sudah tidak layak huni. Prajurit TNI dari Koramil 1004 Tanjungsari, bersama unsur aparat pemerintahan Desa Gunung Manik dan swadaya masyarakat setempat, memulai pembangunan pada tanggal 25 September 2024.

 

Bapak Deni Alamsyah, Kepala Desa Gunungmanik, menjelaskan bahwa rumah Ibu Nina memang tidak layak ditinggali dan pernah dikunjungi oleh Pj. Bupati Sumedang, Bapak Herman Suyatman. "Saya bersyukur Prajurit TNI dari Koramil 1004 Tanjungsari datang membantu Desa untuk membangun Rumah Ibu Nina. Saya atas nama warga masyarakat sangat berterima kasih kepada Prajurit TNI, khususnya para Babinsa dari Koramil 1004 Tanjungsari," ungkapnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Kapten Inf Agus Hermawan, Danramil 1004 Tanjungsari, menegaskan bahwa pembangunan RLTH milik Ibu Nina merupakan rangkaian dari kegiatan HUT TNI ke-79. "Di mana kami harus bersinergi dengan seluruh pihak melaksanakan bakti sosial meringankan beban masyarakat di wilayah binaan kami. Untuk wilayah Kodim 0610 Sumedang, sekitar 15 unit dibangun pada kesempatan ini. Namun, untuk Koramil 1004 Tanjungsari, selain rumah Ibu Nina, kami juga membangun 3 unit rumah lainnya yang diakibatkan bencana kebakaran. Untuk biaya pembangunan kali ini, kami mendapat stimulus dana dari Baznas Kabupaten Sumedang sebesar 10 juta rupiah. Namun, total pembangunan ini menghabiskan sekitar 39 juta rupiah. Biaya tambahan ini kami peroleh dari para donatur berupa material, juga Dana Desa yang diberikan Bapak Kepala Desa Gunungmanik. Pada kesempatan ini pula, saya atas nama segenap prajurit TNI yang bertugas di wilayah Kecamatan Tanjungsari mengucapkan terima kasih atas kepercayaan, dukungan, dan kebersamaannya selama ini sehingga kami mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan yang diamanahkan negara kepada kami. Juga, kami berharap apa yang kami kerjakan saat ini bisa bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya," tegasnya.

 

Akhirnya, Ibu Nina yang tadinya tinggal di rumah berdinding bilik bambu, kini bisa tinggal di rumah yang layak huni. (dn). 

 


Artikel Terkait

HUT TNI ke-79 Bawa Berkah untuk Ibu Nina
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori