Minggu, 22 September 2024

Tuban Beach Run 2024: Semangat Baru, Daya Tarik Wisata Tuban




Tuban, MCE – Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar), dengan bangga akan menyelenggarakan Tuban Beach Run 2024 di Pantai Semilir, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, pada tanggal 16 November 2024. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban yang ke-731, acara ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga bagian dari upaya meningkatkan daya tarik wisata Tuban.


 

Kepala Disbudporapar, Mohammad Emawan Putra, Minggu (22/9) dalam konferensi Pers di Gedung Korpri Komplek Pendapa Kridha Manunggal Tuban menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan mengundang partisipasi masyarakat dari dalam dan luar daerah serta memperkuat posisi Tuban sebagai destinasi wisata pantai.


 

"Tuban Beach Run yang untuk kedua kalinya diadakan ini sebagai bentuk promosi wisata dan sekaligus meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga lari. Kami berharap, ajang ini bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para peserta, terutama dengan keindahan Pantai Tuban sebagai latar belakang," ungkap Emawan.


 

Ia juga menambahkan bahwa peserta akan mendapatkan fasilitas lengkap, mulai dari kaos resmi, bib yang dipersonalisasi, medali unik bagi para finisher dan lainnya.


 

Acara ini akan dibagi menjadi tiga kategori, yakni 5K, 10K, dan 15K. Hadiah menarik telah dipersiapkan untuk para pemenang, dengan total hadiah mencapai jutaan rupiah. Juara pertama untuk kategori 15K, misalnya, akan membawa pulang hadiah sebesar Rp 5.000.000.


 

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., atau yang akrab disapa Mas Lindra, menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan Tuban Beach Run 2024. "Kegiatan ini bukan hanya sebatas lomba lari, tetapi juga ajang memperkenalkan potensi wisata Tuban kepada masyarakat luas. Saya berharap acara ini mampu membawa dampak positif, baik bagi pariwisata maupun ekonomi daerah," ujar Mas Lindra.


 

Menurut Mas Lindra acara ini adalah wujud kolaborasi dan inovasi antara sektor pariwisata, budaya, dan olahraga. "Melalui Tuban Beach Run, kita tidak hanya mendorong kebugaran fisik masyarakat, tetapi juga mempromosikan kekayaan budaya dan keindahan alam Tuban, khususnya pantainya. Ini adalah bentuk nyata dari sinergi antara pariwisata, budaya, dan olahraga yang akan mengangkat nama Tuban hingga tingkat nasional bahkan internasional," jelasnya.


 

Lebih lanjut, Mas Lindra berharap keindahan laut Tuban dan daya tarik wisatanya dapat dikenal lebih luas, sehingga menarik perhatian wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara. "Dengan pemandangan matahari terbenam di Pantai Tuban sebagai latar belakang, kita ingin menunjukkan bahwa Tuban memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia. Harapannya, kegiatan ini dapat mengangkat citra Tuban di kancah nasional dan internasional," pungkasnya.


 

Pendaftaran Tuban Beach Run 2024 akan dibuka mulai tanggal 25 September 2024, dengan periode early bird selama dua minggu pertama. Peserta dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi www.tubanbeachrun.com. Selain berlari di pesisir Pantai, peserta juga berkesempatan menikmati suasana alam yang asri serta keramahan warga Tuban.


 

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, Tuban Beach Run diharapkan menjadi acara tahunan yang dinanti oleh para pelari dan wisatawan, sekaligus memperkuat citra Kabupaten Tuban sebagai kota destinasi wisata olahraga dan budaya. (bp)

Artikel Terkait

Tuban Beach Run 2024: Semangat Baru, Daya Tarik Wisata Tuban
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori