Rabu, 18 September 2024

Mutoharoh Sumbang Emas, Cabor Gulat Tuban Raih Total 3 Medali di PON 2024




Tuban, MCE – Kabar gembira datang dari arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024. Atlet gulat asal Tuban, Mutoharoh, berhasil menyumbang medali emas dalam nomor gaya bebas 57 kg putri pada Rabu, (18/9). Di final, Mutoharoh berhasil mengalahkan Desya, atlet asal DKI Jakarta, dengan dominasi penuh. Pertandingan final ini hanya berlangsung satu ronde, di mana Mutoharoh unggul dengan selisih angka 10, memastikan kemenangan tanpa perlu melanjutkan ke ronde kedua.


Sebelumnya, di babak semifinal, Mutoharoh juga tampil gemilang dengan mengalahkan atlet Kalimantan Timur yang merupakan juara Pra PON. Sama seperti di final, pertandingan ini juga berakhir cepat dalam satu ronde.


Pembina Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Tuban dan Jawa Timur, Drs. Nur Khamid, M.Pd mengungkapkan apresiasinya terhadap performa Mutoharoh dan seluruh tim gulat Tuban. “Ini buah dari pembinaan, kesabaran, dan ketekunan yang dilakukan bersama tim sejak tahun 2006. Hasil ini membuktikan bahwa kerja keras jangka panjang dan komitmen kami telah membuahkan hasil yang luar biasa,” ungkap Nur Khamid.


"Mutoharoh tampil luar biasa di setiap pertandingan, tak ada lawan yang bisa menahan dominasinya hingga dua ronde. Ini menunjukkan persiapan dan kerja keras yang luar biasa dari dia dan timnya." Jelas Mantan Kepala Dispersip Tuban ini.


Selain medali emas dari Mutoharoh, Tuban juga mengantongi emas lainnya dari Candra Marimar yang bertanding di kelas 53 kg gaya bebas putri. Candra Marimar tampil solid dan menuntaskan pertandingan finalnya dengan gemilang. Sedangkan, Puji Prasetyo berhasil menambah perolehan medali Tuban dengan medali perak di kelas 57 kg putra.


Dengan perolehan 2 medali emas dan 1 medali perak, Tuban menunjukkan dominasinya di cabor gulat PON kali ini. “Kami sangat bangga dan berharap prestasi ini terus berlanjut di masa depan. Semoga para atlet dapat terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuan mereka dan membawa nama baik Tuban di kancah nasional maupun internasional,” tutup Nur Khamid.


Ssmentara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Tuban, Mohammad Emawan Putra, S.E., M.A.P  menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini. “Alhamdulillah, kita kembali mendapat tambahan medali emas dari cabor gulat. Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi Tuban dan semoga menjadi inspirasi bagi atlet-atlet muda lainnya,” ujarnya


Emawan berharap prestasi ini dapat menjadi langkah awal bagi pengembangan olahraga di Tuban, khususnya gulat. “Kami berharap dengan pencapaian ini, semakin banyak generasi muda yang tertarik dan berkomitmen menekuni dunia olahraga, sehingga dapat menciptakan lebih banyak atlet berprestasi di masa mendatang,” ujarnya


Prestasi ini juga menjadi bukti nyata dari kerja keras para atlet, pelatih, dan seluruh pihak terkait yang mendukung pengembangan olahraga di Tuban. Semoga di masa depan, Tuban terus menghasilkan atlet-atlet unggul yang bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional. (bp)

Artikel Terkait

Mutoharoh Sumbang Emas, Cabor Gulat Tuban Raih Total 3 Medali di PON 2024
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori