Kamis, 12 September 2024

Jambore Kesehatan Jiwa Kabupaten Tuban 2024 Resmi Dibuka, ini Pesan Bupati Tuban




Tuban, MCE – Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Tuban menggelar Jambore Kesehatan Jiwa Kabupaten Tuban Tahun 2024 dengan mengusung tema “Utamakan Kesehatan Mental” yang bertempat di Pendapa Krida Manunggal, Kamis (12/9).


 


Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinkes P2KB Tuban, Dra. Esti Surahmi, Apt., menekankan pentingnya kesehatan jiwa sebagai aset utama untuk mempercepat kemajuan bangsa, yang menjadi fondasi penting dalam menciptakan pribadi yang disiplin, jujur, produktif, dan bermartabat.


 


“Oleh karena itu diperlukan sistem pelayanan kesehatan jiwa berbasis sinergisitas antara bidang kesehatan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, civitas akademika pendidikan maupun stakeholder lainnya,” sambungnya.


 


Bupati Tuban juga menekankan pentingnya pendekatan berbasis lingkungan dalam pengobatan pasien gangguan jiwa. Menurutnya, selain pengobatan farmakologis, diperlukan terapi lingkungan yang dapat memperkuat interaksi pasien dengan keluarga dan lingkungan sekitar.


 


Selain itu, Bupati juga menekankan peran penting keluarga dalam mendukung pemulihan pasien gangguan jiwa. Keluarga diharapkan mampu menjadi detektor awal dan pemberi perawatan di rumah. "Keluarga berperan besar dalam mencegah kekambuhan pasien serta memastikan mereka rutin menjalani pengobatan dan kontrol," tambahnya.


 


Dalam acara tersebut, Mas Lindra turut menyampaikan apresiasinya kepada kader kesehatan jiwa yang dinilai aktif dan berperan penting dalam kesembuhan pasien kepada para kader yang terus berkomitmen dalam memberikan pendampingan dan motivasi bagi pasien dan keluarganya. " Tetap lakukan tugas dengan baik, Insyaallah semua kebaikan yang telah dilakukan akan memberikan energi positif yang akan diterima kembali oleh bapak dan ibu kader," tuturnya.


 


Selain itu, pesan khusus juga diberikan kepada para mahasiswa yang hadir. Bupati mengingatkan mereka untuk menjaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, berolahraga, berpikir positif, serta mengonsumsi makanan bergizi.


 


"tips dari saya supaya jauh dari stress atau depresi yaitu lakukan aktivitas yang menyenangkan, bisa melakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda seperti hobi atau olahraga, berpikir positif, makan makanan yang bergizi seimbang, lakukan relaksasi untuk menenangkan pikiran dan olahraga secara rutin," pesannya. (bp)

Artikel Terkait

Jambore Kesehatan Jiwa Kabupaten Tuban 2024 Resmi Dibuka, ini Pesan Bupati Tuban
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori