Selasa, 10 September 2024

Dispendik Tuban Gelar Seminar Peningkatan Layanan PAUD Berkualitas




TUBAN, MCE – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban menggelar Seminar PAUD mengusung tema “Meningkatkan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Mewujudkan Layanan PAUD Berkualitas dan Implementasi PAUDHI”. Bertempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Seminar yang menghadirkan Ketua Pengurus Pusat Asosiasi Pelatih PAUD Indonesia (APPAUDI), Dr. Ali Nugraha, M.Pd., diikuti 500 orang pendidik dan tenaga kependidikan PAUD di Kabupaten Tuban, Selasa (10/09/2024).


Kepala Dispendik Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat, ST., MT., mengungkapkan Pemkab Tuban di bawah kepemimpinan Bupati Tuban, Mas Lindra konsisten meningkatkan perhatian terhadap pendidikan, terutama Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bahkan, anggaran peningkatan pendidikan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, termasuk untuk penyelenggaraan PAUD.


“Upaya ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mempersiapkan masa depan anak-anak dengan lebih baik,” ungkapnya.


Abdul Rakhmat menyatakan tantangan penyelenggaraan pendidikan semakin kompleks. Menyadari kondisi tersebut, Pemkab Tuban menilai pentingnya pelatihan tenaga pendidik PAUD sebagai bekal pengajaran yang lebih komprehensif.


Abdul Rakhmat menerangkan bekal pendidikan yang diberikan kepada anak-anak harus mencakup tidak hanya materi akademis, tetapi juga soft skill dan pengetahuan lainnya. Para pendidik diharapkan mampu berkolaborasi dengan lintas sektor selain kurikulum pendidikan yang ada. Sebagai contoh, lembaga PAUD dapat bekerja sama dengan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban untuk memberikan materi mengenai cegah dini dan penanganan kebakaran.


“Cara pengajarannya bisa disampaikan sekreatif mungkin agar anak tidak merasa terbebani. Materi yang disampaikan bisa dikemas agar semakin membekas di benak anak,” jelasnya.


Sebagai lembaga pendidikan awal bagi anak, lanjut Kepala Dispendik Tuban, PAUD menjadi peletak fondasi pendidikan yang penting dalam memaksimalkan masa emas pertumbuhan anak. Dengan adanya upaya ini, diharapkan peningkatan kualitas penyelenggaraan PAUD dapat menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan memiliki bekal yang baik untuk masa depan.


Abdul Rakhmat juga menekankan pentingnya implementasi materi seminar dalam pelayanan PAUD agar kualitas pendidikan yang diberikan semakin optimal. “Lembaga PAUD harus dipersiapkan sebaik mungkin agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak-anak di masa emas pertumbuhannya,” pungkasnya. (bp)

Artikel Terkait

Dispendik Tuban Gelar Seminar Peningkatan Layanan PAUD Berkualitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori