Senin, 06 November 2023

Kepala BNNK Tuban Dorong GANN Bojonegoro Produktif Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba




Bojonegoro, MCE - Senin, 6 November 2023. Kepala BNN Kabupaten Tuban bersama Jajaran silaturahmi ke GANN Bojonegoro dalam rangka monitoring evaluasi peran serta masyarakat dalam mendorong Lembaga GANN Bojonegoro bisa produktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Bojonegoro bertempat di Sekretariat GANN Bojonegoro Jln. Pemuda No. 58 Kabupaten Bojonegoro. 


Kepala BNN Kabupaten Tuban Tri Cahyono mengatakan ini sangat strategis karena GANN Bojonegoro diawaki oleh personel-personel yang cukup mumpuni untuk bidang pencegahan. 


Diharapkan GANN Bojonegoro bisa meningkatkan peran serta di masyarakat yang merupakan salah satu kepanjangan tangan dari BNN Kabupaten Tuban yang memiliki zonasi kerja di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.


"Memang secara fisik kami tidak ada di Bojonegoro. Inilah, kami ingin mengembangkan terus peran serta masyarakat khususnya lembaga anti narkoba bisa membantu kami ke masyarakat," terangnya. 


Secara umum ketika menjelang akhir tahun peredaran narkoba cenderung meningkat. Tentunya perlu kita antisipasi bersama bahwa dengan meningkatkan peran serta masyarakat salah satunya GANN Bojonegoro bisa menjadi mata dan telinga untuk upaya mencegah peredaran narkoba di masyarakat. Karena modus operandi saat ini sangat beragam dan perlu kita antisipasi sedini mungkin.



Dikatakan, di Bojonegoro penyalahgunaan narkoba meningkat. Kami di Tuban dan Bojonegoro itu menerima asesmen terpadu, dari Polres Bojonegoro dalam minggu ini ada beberapa penyalahguna yang kami terima. Penyalahguna yang tidak terbukti peredaran gelap narkoba/sindikatnya. Dan dia adalah penyalahguna  yang harus direhabilitasi, ditaati dan rekomendasi rawat jalan.


"Saat ini kami melihat berdasarkan asesmen pada yang disangkakan dan saat ini banyak kategori masih ringan sehingga rekomendasi kami adalah rawat jalan. Saat ini di BNN Kabupaten Tuban punya fasilitas Klinik Pratama untuk rawat jalan dan beberapa lembaga swadaya di bidang rehabilitasi," pungkasnya. 


Ketua GANN Bojonegoro Tri Astuti Handayani mengatakan dalam pencegahan narkoba perlu dukungan masyarakat karena peredarannya sangat marak dan sosialisasi sangat penting. Tidak hanya selesai sosialisasi selesai tetapi harus bertahap. Seperti kasus-kasus yang lagi marak ini tidak hanya kasus narkotika tapi juga kesehatan double L itu bisa ditanggulangi dengan kita memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap masyarakat dalam kasus-kasus yang meminta pertolongan kepada kami. 


"Upaya kami setiap satu bulan sekali melakukan conseling, penyuluhan dan bantuan pendampingan perkara-perkara narkoba di wilayah hukum Polres Bojonegoro melalui LBH Posbakum," tutupnya. 


Tampak hadir pula pada kesempatan itu Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro Mahmudi. (sony). 

Artikel Terkait

Kepala BNNK Tuban Dorong GANN Bojonegoro Produktif Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori