Selasa, 07 November 2023

*Haul ke 22 KH. Moh. Ridwan* pendiri Pondok Pesantren Nurul Yaqin Besuki Situbondo




Situbondo, MCE - Senin, 6 Nopember 2023 (22 Robiul Akhir 1445H), Bapak Kunjung Wahyudi selaku Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Komnas Pendidikan menghadiri undangan dari Pondok Pesantren Nurul Yaqin Besuki Situbondo. Acara dimulai jam 18.15 WIB yang dihadiri juga oleh KH. Abdurrahman Wafi, KH. Makki Maimun Wafi dari Pondok Pesantren Nurul Jadid Paithon Probolinggo, KH. Kholid Muhammad dari Pondok Pesantren Raidhatul Ulum Sumber Wringin Jember, KH. Hassan Ahsan Malik dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo.


Pengasuh PP Nurul Yaqin dalam sambutannya menyampaikan bahwa informasi dari Panitia yang hadir sekitar 500 orang jama’ah, ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada para undangan yang hadir. 


Bapak Kunjung Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya *5 Kesadaran hati dalam menjalani kehidupan* atau dikenal dengan *Panca Sadar* yaitu;

1. *Sadar Tuhan*, ialah kesadaran bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dan kehidupan dengan cinta-Nya. Dengan kesadaran itu kita bisa menjalani hidup dengan keyakinan sifat *Jujur* dan *Ikhlas*.

2. *Sadar Diri*, ialah kesadaran bahwa diri manusia diciptakan sama dengan yang lainnya dengan sifat Kasih-Nya. Dengan kesadaran ini kita bisa menjalani hidup dengan percaya diri, dalam sikap perilaku *Sopan*, *Rendah Hati* dan *Tidak Sombong* untuk meluaskan cinta dan kasih sayang kepada sesama dan alam kehidupan.

3. *Sadar Hidup*, ialah kesadaran bahwa hidup adalah Karunia Tuhan yang diciptakan dengan sifat sayang-Nya dan harus dijaga sebaik-baiknya dengan sikap *tanggung jawab* dengan perilaku yang berguna.

4. *Sadar Masalah*, ialah kesadaran bahwa masalah adalah cara Tuhan untuk memperbaiki kesalahan (sikap perilaku) manusia dan mengembalikan sifat cinta dan kasih sayang ke dalam diri manusia. Sehingga kita bisa memahami hikmah atas masalah yang menuntun kita menjadi manusia yang *Sabar*, *Peduli* dan *Cerdas*.

5. *Sadar Bahagia*, ialah kesadaran bahwa bahagia adalah fitrah jiwa manusia agar kita bisa menjalani hidup dengan *Gembira*, *Murah hati*, dan *Bersyukur* sebagai makhluk yg dicintai, dikasihi dan disayangi-Nya.


Dengan lima pedoman karakter manusia Indonesia ini kita bisa menerapkan nilai-nilai luhur manusia yang tulus dan saling menghargai tanpa ada yang merasa lebih tinggi atau rendah. Sebab jika hal tersebut terjadi hasilnya ialah kekacauan hidup. Karenanya serendah atau sehebat apapun diri kita, tetap sadar dan tidak berbohong. (red). 

Artikel Terkait

*Haul ke 22 KH. Moh. Ridwan* pendiri Pondok Pesantren Nurul Yaqin Besuki Situbondo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori