Rabu, 18 Oktober 2023

PERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA, SMKN 2 TUBAN MENGUSUNG TEMA BHINNEKA TUNGGAL IKA DALAM KEGIATAN P5



Tuban, MCE - Demi memperkuat profil pelajar pancasila, SMKN 2 Tuban mengadakan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengusung tema  “Bhinneka Tunggal Ika -  Toleransi dalam perbedaan (Teladan)”. Judul tersebut diusung demi melestarikan budaya Indonesia yakni toleransi antarsesama. Acara yang dilaksanakan pada Selasa (17/10/23) ini berlangsung di Lapangan Utara SMKN 2 Tuban. 


“Panen Karya P5” merupakan ajang yang menggabungkan kebudayaan tradisional Indonesia dengan keterampilan bernalar kritis dan kreativitas siswa. Melalui kolaborasi ini, siswa mendapatkan kesempatan untuk memperkaya pengetahuan mereka tentang kebudayaan lokal serta mengembangkan ide akan keterampilan bernalar kritis mereka. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah serta menghadirkan siswa kelas XI dan XII untuk melakukan kunjungan ke beberapa stand dengan jadwal yang telah ditentukan secara bergantian. Acara tersebut dimulai dengan  menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars SMKN 2, dan lagu Pelajar Pancasila. Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang  dan pemberian sambutan dari Nur Aini Aisyiah, S.Kom., M.Pd sebagai ketua penyelenggara dan Dra. Niniek Widiarochmawati, M.Pd. yang mewakili sebagai penanggung jawab.



Puncak pergelaran acara diawali dengan penampilan drama musikal dari perwakilan setiap jurusan, dimulai dengan jurusan Manajemen Perkantoran Lembaga Bisnis (MPLB) yang mengusung judul “Pelangi di langit Indonesia” dengan menampilkan drama murid pindahan dari Papua yang disegani oleh teman-temannya sehingga mereka menghargai adanya perbedaan dan pada akhir drama disajikan tarian-tarian dari beberapa daerah. Penampilan kedua dari jurusan Akutansi Keuangan (AK) yang mengusung judul “Senandung di balik perbedaan” ditampilan siswa pindahan yang dikucilkan oleh temannya karena memiliki ciri khas suara yang berbeda atau ‘medhok’ pada akhirnya mereka menyadari bahwa perbedaan bukan menjadi pemisah antar individu. Mereka juga menampilkan beberapa tarian daerah dan diakhiri dengan pembacaan puisi yang diwakilkan oleh salah satu siswa.  Penampilan ketiga oleh jurusan Bisnis Daring (BD) mengusung judul “Teraku Indonesia” menampilkan beberapa tarian daerah, musikalisasi puisi, dan diakhiri dengan bernyanyi bersama. Penampilan keempat oleh Desain Komunikasi Visual (DKV) mengusung judul “Kecak jadi permadani” yang menampilkan beberapa tarian, dan diakhiri dengan menari bersama. Penampilan kelima oleh jurusan Desain Produksi Busana (DPB) yang mengusung judul “Harmoni nusantara” menampilkan drama mengenai guru yang mengajari muridnya untuk menari dan diakhiri dengan tarian bersama. Penampilan terakhir dari jurusan Kuliner (KL) yang mengusung judul “Indonesia Berkaca’’ yang menampilkan drama dan beberapa tarian daerah. Drama musikal yang disajikan meliputi tarian tradisional Indonesia, musikalisasi puisi, bernyanyi, dan banyak hal menarik lainnya.


Acara tersebut berjalan dengan sukses dan meriah. Proses kegiatan yang berlangsung 10 hari tersebut membuahkan hasil yang luar biasa. Walaupun cuaca yang terik, semangat para siswa tidak kendur bahkan mereka dengan maksimal memberikan suguhan tampilan yang memukau. Dengan adanya kegiatan P5 ini dimaksudkan menjadi salah satu wadah untuk memperkuat karakter siswa yang lebih unggul seperti yang disampaikan oleh Dra. Heny Indriana, MM., “Saya berharap setelah dilaksanakan acara ini, siswa memiliki karakter yang lebih kuat dan kualitas diri yang baik. Karena salah satu keinginan saya adalah menjadikan siswa SMKN 2 Tuban memiliki karakter yang kuat dan kompetensi unggul” Tutur Kepala SMKN 2 Tuban. (red). 

Artikel Terkait

PERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA, SMKN 2 TUBAN MENGUSUNG TEMA BHINNEKA TUNGGAL IKA DALAM KEGIATAN P5
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori