Jumat, 29 September 2023

SMAN 1 Padangan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H


Keterangan foto: Kepala SMAN 1 Padangan Kabupaten Bojonegoro Muhammad Ma'ruf, SPd,MPd mengawali sambutan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di hadapan civitas akademika SMAN 1 Padangan pada 29 September 2023.


Bojonegoro, MCE - SMAN 1 Padangan Kabupaten Bojonegoro menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2023 M dengan mengambil tema "Meneladani Akhlak Rasullulah SAW sebagai Pribadi yang Unggul". Bertempat di halaman depan sekolah setempat pada tanggal 29 September 2023.


Acara itu dibuka langsung oleh Plt. Kepala SMAN 1 Padangan Muhammad Ma'ruf, SPd,MPd. Dalam sambutan sekaligus hikmah maulid yang diberikan, menguraikan pendekatan dalam meneladani akhlak Rasulullah SAW sebagai pribadi yang unggul. 


Dikatakannya, salah satu hikmah memperingati Maulid adalah membuka kembali sejarah Rasulullah SAW dan mengingatkan kembali nilai-nilai keteladanannya. Rasulullah SAW adalah pembawa pelita dan beliau yang telah pergi 15 abad yang lalu. Namun dengan membuka lembaran kisah beliau, ibarat mendekatkan cahaya pelita obor yang dibawa Rasulullah SAW agar kita sebagai umatnya bisa mengikuti cahayanya dimanapun dan kapanpun, termasuk generasi penerus kita saat ini.



"Pribadi atau manusia unggul adalah pribadi yang sehat, cerdas, produktif, mempunyai daya saing dan memiliki akhlak yang baik. Ini menjadi cita-cita bangsa saat ini. Sedangkan semangat pribadi atau manusia unggul, Rasulullah SAW telah memberikan gambaran soal kualitas umat yang unggul yaitu umat yang menempatkan akhlak mulia. Akhlak mulia menjadi sumber inspirasi dari hakekat berkehidupan. Bangsa kita ini diperlukan akhlak mulia, cerdas berakhlak akan jauh lebih baik dibandingkan hanya cerdas tapi mengabaikan moral, etika, agama dan sosial," ujarnya.


Selain itu, ada beberapa poin akhlak Rasulullah SAW yang kita teladani, yakni: pertama, akhlak dalam berkeluarga, akhlak suami isteri, anak-anak kepada orang tua atau sesama anggota keluarga; kedua, akhlak murid kepada gurunya atau sebaliknya; ketiga, akhlak bertetangga; keempat, akhlak bermasyarakat dan berbangsa yaitu mendahulukan kepentingan orang lain, orang banyak, kepentingan umat, dan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi. 


Sebagai puncak acara ceramah Ustad Zainal Arifin diikuti seksama oleh civitas akademika sekolah yang hadir di acara itu hingga selesai. (bp).

Artikel Terkait

SMAN 1 Padangan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori