Senin, 10 Juli 2023

Tinjau Dampak Lahar Dingin di Pronojiwo, Cak Thoriq: Jembatan Permudah Mobilitas Masyarakat untuk Aktivitas Perekonomian




Lumajang, MCE - Jembatan adalah salah satu infrastruktur kerakyatan untuk memperlancar mobilitas dan memangkas waktu tempuh antar wilayah, yang sebelumnya harus memutar jauh karena terpisah oleh kondisi geografis, seperti lereng, bukit, jurang, ataupun sungai.


“Adanya jembatan dapat mempermudah mobilitas masyarakat untuk aktivitas perekonomian, sehingga jika terjadi kerusakan, maka dibutuhkan penanganan atau perbaikan secara prioritas,” ungkap Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat didampingi Sekretaris Daerah, Agus Triyono saat meninjau jembatan putus akibat banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, pada beberapa titik di wilayah Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (10/7/2023) sore.


Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa peninjauan tersebut dilakukan, karena salah satu jembatan yang terputus merupakan akses penghubung dua kabupaten, yakni Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang dan Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.


"Hari ini saya meninjau secara langsung beberapa jembatan putus yang ada di Pronojiwo, salah satunya jembatan penghubung antara Lumajang - Malang yang selama ini menjadi akses untuk aktivitas perekonomian masyarakat," terang dia.


Selain itu, diungkapkan Cak Thoriq, bahwa terkait jembatan yang menghubungkan Lumajang - Malang akan secepatnya ditangani oleh Kementrian PUPR dengan anggaran PUPR. Selebihnya, akan dikerjakan oleh Pemkab Lumajang yang bekerja sama dengan BNPB, termasuk jembatan skala kecil juga akan dikerjakan oleh Pemprov Jatim.


Ia menambahkan, bahwa pihaknya juga meninjau jembatan Kalibiru penghubung antara Dusun Darungan Desa Pronojiwo dengan Dusun Kebonsenin Desa Sidomulyo, serta jembatan Supit Timur Desa Pronojiwo yang terputus akibat diterjang banjir.


Dihari yang sama, Cak Thoriq juga menyerahkan bantuan santunan kepada ahli waris dari tiga korban yang merupakan satu keluarga meninggal dunia akibat bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo. (fyan).

Artikel Terkait

Tinjau Dampak Lahar Dingin di Pronojiwo, Cak Thoriq: Jembatan Permudah Mobilitas Masyarakat untuk Aktivitas Perekonomian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori