Jumat, 28 Juli 2023

Cegah Korupsi dari Lingkungan Terkecil, KPK Gelar Bimtek untuk Pemkab Jember




Jember, MCE - KPK menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama dengan pasangan yang dihadiri oleh 40 ASN di lingkungan @PemdaKabJember, 26 Juli 2023.


Koordinator Program Keluarga Berintegritas Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Firlana Ismayadin mengatakan, perbaikan sistem saja tidak cukup untuk mencegah terjadinya modus operandi korupsi. “Orang dapat melakukan korupsi karena ada niat. Sebaik apapun sistem, masih dapat dicari celahnya, karena ada niat dari individu tersebut,” ujarnya.


Pendidikan antikorupsi harus terus digalakkan pada penyelenggara negara mulai dari lingkup terkecil yakni keluarga. Pasalnya, saat ini korupsi tidak hanya dilakukan satu pihak saja. Pelakunya berkolaborasi, termasuk melibatkan suami-istri, bapak-anak, atau kakak adik.


Firlana mengatakan bahwa dengan pemenuhan nilai integritas ini, pada tahun emas 2045 mendatang, Indonesia bisa menjadi negara yang terbebas dari korupsi. “Dengan peran keluarga, kita berharap anak-anak tumbuh dengan integritas. Karena bukan tidak mungkin, 20 tahun mendatang, anak milenial termasuk anak kita akan menduduki peran penting di Indonesia,” tegas Firlana.


Bupati Jember Hendy Siswanto menekankan pentingnya peran serta keluarga untuk mewujudkan budaya antikorupsi di lingkungan kerja. “ASN harus memiliki keterbukaan di antara keluarga. Sehingga program Keluarga Berintegritas harus terus dilanjutkan, bahkan sampai tingkat desa. Seperti halnya ceramah salat Jumat yang setiap saat selalu mengingatkan hal yang sama, begitu pula dengan Integritas, harus selalu secara berkelanjutan diingatkan ke banyak orang,” pungkas Hendy. (red). 


Sumber: kpk

Artikel Terkait

Cegah Korupsi dari Lingkungan Terkecil, KPK Gelar Bimtek untuk Pemkab Jember
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori