Kamis, 29 Juni 2023

Mas Lindra Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung




Tuban, MCE - Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE bersama keluarga melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Agung Tuban, Kamis (29/06).


Bersama Wakil Bupati Tuban H. Riyadi dan

 Forkopimda serta Kepala OPD, mas Bupati berjalan dari pendopo menuju ke masjid agung pukul 06.00 WIB. Mas Lindra juga sempat menyapa masyarakat yang melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun.


Salat dimulai pukul 06.15 WIB, bertindak sebagai Imam sekaligus Khotib KH. Abdulloh Mubarok, LC M Thi (Gus Mubarok), Pengasuh STAI Al Anwar Sarang Rembang.


Dalam khutbahnya, Gus Mubarok menerangkan tentang makna dari idul Adha yaitu kebahagiaan bagi orang Islam. Dalam merayakan sebuah kebahagiaan, umat Islam tidak boleh melupakan Allah SWT. Untuk itu setiap Ied baik Idul Fitri ataupun Idul Adha tak lepas dari takbir memuji kebesaran Allah SWT. " Menghiasi setiap hari raya dengan takbir adalah bukti ketulusan kita kepada Allah dan rasa syukur atas kegembiraan yang diberikan," ujarnya.


Selain itu, sebuah kegembiraan tidak boleh dirasakan sendiri melainkan dibagi dengan yang lain. Dalam hal ini, setiap Idul Adha kita disunahkan untuk menyembelih hewan kurban, dan membagikan dagingnya untuk masyarakat kurang mampu. "Karena Islam mengajarkan kasih sayang terhadap sesama," ungkapnya.


Usai melaksanakan salat Idul Adha, mas lindra meninjau hewan kurban yang akan disembelih di masjid agung. Mas Lindra memastikan, jika kondisi dari hewan kurban yang disembelih dalam keadaan sehat dan sesuai syarat. " Alhamdulillah semua hewan sehat.  Nanti akan dipotong oleh pihak masjid agung dan akan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan," kata Mas Bupati.


Sementara itu, Pemkab Tuban  di Hari Raya Idul Adha 1444 H ini mendapatkan 25 ekor sapi dan 18 kambing.seluruh hewan kurban baik sapi dan kambing telah didistribusikan ke seluruh kecamatan sejak pagi kemarin. Rabu (28/06).

 

20 ekor sapi sudah didistribusikan ke 20 kecamatan, untuk nanti disembelih di sana. Adapun untuk 5 ekor sisanya, didistribusikan ke Masjid Fathurrohmad, Masjid Agung, PCNU, PD Muhammadiyah, dan Lembaga Pemasyarakatan.

Begitu pun dengan kambing, telah didistribusikan ke lembaga atau pihak yang telah mengajukan bantuan hewan kurban. (bp).

Artikel Terkait

Mas Lindra Laksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori