Senin, 17 April 2023

Sekda Tuban Pimpin Gelar Apel Pasukan Gabungan Pengamanan Idul Fitri




Tuban, MCE - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si didampingi Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya serta Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Suhada Erwin memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H di Mapolres setempat, Senin (17/04/23).


Sebagai pemimpin apel, Sekda Budi Wiyana membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Dalam amanatnya, Sekda menyampaikan apel gelar pasukan dimaksudkan untuk mengecek akhir persiapan operasi Ketupat Semeru.


Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, Budi Wiyana menyampaikan, bahwa pada mudik tahun ini diperkirakan ada kenaikan sebanyak 46% secara nasional, dibandingkan dengan mudik tahun lalu, hal itu menjadi tantangan yang harus dipersiapkan dengan baik.


Budi Wiyana menuturkan dalam pengamanan tersebut harapannya dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan tentunya dapat memberikan keamanan, ketertiban dan kepuasan terkait arus mudik maupun arus balik bagi pemudik.


Selain itu kegiatan operasi ketupat Semeru tersebut juga diharapkan TNI Polri bersama Satgas pangan mampu menjaga stabilisasi harga bahan pokok untuk memastikan ketersediaan maupun stabilitas harga.


Budi Wiyana juga menambahkan bahwa Pemkab Tuban akan mensuport pelaksanaan operasi ketupat Semeru di Kabupaten Tuban, dengan melibatkan personil dari instansi terkait, seperti Dishub dan Satpol PP.


Sementara itu Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya menjelaskan bahwa kegiatan Apel Gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2023 dalam rangka pengamanan hari raya idul Fitri 1444 H, baik pada aspek personal maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait.


Rahman Wijaya menambahkan selama operasi ketupat 2023 Polres Tuban dibantu Instansi Terkait mendirikan 3 Pos Pam dan 1 Pos Pelayanan. Letaknya di Pos Bancar, Pos Pantai Boom dan Pos Terminal Wisata Kebonsari serta Pos pengamanan Wisata Pantai Kelapa.


Rahman Wijaya menerangkan, pelaksanaan operasi ketupat akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) selama 7 hari dimulai tanggal 2 hingga 9 mei 2023.


Kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik Kapolres mengimbau apabila agar sebelumnya melaporkan kepada Bhabinkamtibmas maupun Babinsa setempat.


Sementara itu, untuk kelancaran lalu lintas maupun untuk pengelolaan Kamtibmas yang kondusif, pihaknya telah menyiapkan tim pengurai lalu lintas apabila terjadi kemacetan maupun hal yang paling fatal yakni kecelakaan. Selain itu juga Polres Tuban akan menempatkan personelnya untuk melaksanakan pengawasan maupun imbauan.


Polres Tuban juga telah menyiapkan tim dari Satreskrim untuk patroli, sehingga pelaksanaan lebaran hari raya Idul Fitri di Kabupaten Tuban aman dan kondusif.


Diketahui, selama pelaksanaan Pengamanan operasi ketupat Semeru tahun ini, polres Tuban mengerahkan sebanyak 322 personel gabungan dari TNI Polri, Pemerintah daerah bersama stakeholder terkait. (bp)

Artikel Terkait

Sekda Tuban Pimpin Gelar Apel Pasukan Gabungan Pengamanan Idul Fitri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori