Minggu, 12 Februari 2023

Pemkab Rencanakan Bangun Sirkuit Balap Motor di Kawasan AWR TNI AU Pandanwangi




Lumajang, MCE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur berencana untuk membangun sirkuit balap sendiri, rencananya sirkuit tersebut berada di kawasan Air Weapon Range (AWR) Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh.

"Kami akan merencanakan ada sirkuit yang dibangun di area AWR. Di sana sudah ada tribun. Sudah minta izin ke Lanud (Landasan Udara, red) Abdurrachman Saleh Malang. Sudah diperkenankan, tinggal membangun lintasannya," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat menyaksikan langsung aksi-aksi seru para pembalap, di Embong Kembar Lumajang, Minggu (12/2/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa dirinya menilai terkait rencana pembangunan sirkuit di kawasan AWR karena akan jauh lebih aman, sebab jauh dari rumah maupun keramaian jalan raya. Namun, komitmen tersebut tidak bisa langsung ditangani karena memerlukan waktu yang cukup untuk proses perencanaan hingga penyelesaian pembangunan.

Oleh karena itu, Cak Thoriq berharap sirkuit tersebut nantinya bisa melahirkan banyak atlet atau pembalap berprestasi, sehingga bisa mengharumkan nama Lumajang di masa mendatang.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa mengenai tempat latihan, pihaknya juga akan berkoordinasi lebih lanjut dan pastinya sejumlah langkah strategis segera ditindaklanjuti. Salah satunya melihat Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Kedungjajang sebagai pilihan awal tempat latihan.

"Informasinya ada tiang di arena itu. Kami akan lihat, jika bisa dipindah dan bisa digunakan latihan, akan dipindahkan," kata dia.

Ia menambahkan, bahwa dalam Ajang Bupati Road Race Championship 2023 di Sirkuit Embong Kembar tersebut menjadi tontonan menarik masyarakat, khususnya di Kabupaten Lumajang.

“Para pembalap yang turun pada ajang itu tidak hanya dari lokal Lumajang saja, tapi juga datang dari luar kota hingga luar pulau. Mereka beradu kecepatan dan keterampilan dalam memacu kuda besi untuk menjadi pemenang,” imbuhnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang, dan Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M.

Sementara itu, Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson S mengapresiasi terkait rencana pembangunan sirkuit di Kabupaten Lumajang. Dirinya berharap, hal itu bisa segera dieksekusi, sehingga ada sirkuit representatif untuk menyalurkan hobi dan talenta di balap motor.

"Kuda besi (motor) tunggangan kalian jadikan ajang prestasi. Jangan jadikan ajang kompetisi ilegal berupa balapan liar di trek yang tidak ditentukan keamanan dan keselamatannya. Kami siap memfasilitasi agar mengendarai dengan baik, berprestasi dan jadi pelopor keselamatan berlalu lintas," pesannya. (fyan). 

Artikel Terkait

Pemkab Rencanakan Bangun Sirkuit Balap Motor di Kawasan AWR TNI AU Pandanwangi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori