Senin, 06 Februari 2023

Akibat Cuaca Ekstrem, BPBD Terjunkan Alat Berat Bersihkan Pohon Tumbang di Jalur Ranupani




Lumajang, MCE - Cuaca ekstrim di sejumlah wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyebabkan pohon tumbang, salah satunya di jalur Ranupani kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru - Desa Burno Kecamatan Senduro Lumajang, Senin (6/2/2023).

Saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Petugas BPBD Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo menerangkan, bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Pohon dengan diameter kurang lebih 100 cm dan tinggi 20 meter tumbang dan menutup total akses jalan penghubung Desa Ranupani dan Desa Burno, Kecamatan Senduro.

"Diduga disebabkan oleh cuaca ekstrem hujan intensitas tinggi dan angin kencang, sehingga tanah tebing terkikis dan akar pohon tidak kuat menopang rimbunnya pohon," terang dia.

Selain itu, diterangkan Nur Cahyo, bahwa mengetahui hal tersebut, Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang dibantu jajaran Koramil, Polsek, TNBTS dan sejumlah relawan melakukan penanganan. Tidak sedikit warga yang melintas turut membantu penanganan tersebut.

"Pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang oleh TRC BPBD Kabupaten dibantu oleh Koramil, Polsek, TNBTS, Relawan PB dan warga yang akan melintas," jelasnya.

Satu unit Loader milik BPBD Kabupaten Lumajang dikerahkan untuk membantu mempercepat pengangkutan pohon ke arah pinggir mengingat besarnya pohon yang tumbang tersebut serta meratakan tanah yang terbawa material pohon di aspal sekitar lokasi. (fyan). 

Artikel Terkait

Akibat Cuaca Ekstrem, BPBD Terjunkan Alat Berat Bersihkan Pohon Tumbang di Jalur Ranupani
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori