Senin, 21 November 2022

Semarak Kebangsaan Wujud Menjaga dan Merawat Kerukunan




TUBAN, MCE - Kegiatan Semangka atau Semarak Kebangsaan sukses digelar di Alun-alun Kabupaten Tuban, Sabtu malam (19/11/2022).


 

Bermacam tampilan budaya melebur menjadi satu, mulai sajian Banjari, Tari Sufi, tarian daerah, hingga pertunjukan barongsai khas Tionghoa. Kebhinnekaan sangat kental terasa dalam acara yang dihadiri lebih dari 6000 orang ini.


 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE mengukuhkan  Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Tuban masa bakti 2022-2026. Para pengurus terdiri dari berbagai suku dan etnis diantaranya sunda, batak, jawa, madura, jambi, bali, bugis, ambon, papua, arab, dan tionghoa.


 

Kepada Reporter Diskominfo-SP, Senin (21/11/22) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tuban Didik Purwanto, S.Pd., M.Si menjelaskan, pengukuhan FPK masuk dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-729 Kabupaten Tuban hingga bisa berlangsung dengan meriah. Menurutnya, FPK menjadi sebuah simbol kebersamaan yang bisa menjadi tameng munculnya ancaman disintegrasi ditengah perbedaan di masyarakat yang berasal dari berbagai suku dan etnis.


 

Apalagi, Tuban telah diproyeksikan menjadi kota industri yang akan berkembang baik industri berskala nasional maupun internasional. Untuk itu, perlu diwaspadahi akan timbulnya konflik. “Bahaya disintegrasi di depan mata, adanya FPK dan FKUB menjadi langkah proteksi agar jangan sampai muncul disintegrasi.”


 

Namun begitu, Didik sapaan akrabnya mengungkapan, saat ini Indeks Kerukunan Umat Beragama telah mendapatkan poin 86. Angka tersebut diatas rata-rata Jawa Timur. “Jawa Timur rata-rata 84, dan kita 86,” ucapnya.


 

Didik mengungkapkan, perbedaan yang ada adalah sebuah rahmad, yang harus disyukuri dan dijaga. “Mari kita jaga kemajemukan ini dengan saling menjaga dan mengisi,” jelasnya


 

Masih menurut Didik, atas dikukuhkannya FPK, Mas Bupati berpesan agar pengurus dapat melaksanakan tugas dengan baik, dalam rangka merawat dan mewujudkan ketentraman, menumbuhkan kebanggaan, keharmonisan, saling menghormati diantara masyarakat dari berbagai ras suku dan etnis di Kabupaten Tuban. "Semoga dapat melaksanakan amanah dengan baik dalam merawat Tuban dan Indonesia." Pungkasnya.


 

Sebagai Informasi, FPK Kabupaten Tuban diketuai oleh R. Moch. Dani Ramdani, yang saat ini menjabat sebagai Camat Tuban, yang perwakilan dari suku sunda. (mas).

Artikel Terkait

Semarak Kebangsaan Wujud Menjaga dan Merawat Kerukunan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori