Minggu, 20 November 2022

Mas Lindra Buka Seminar Parenting Guru TPQ Kabupaten Tuban




TUBAN, MCE - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., membuka Parenting Akbar bagi guru TPQ se-kabupaten Tuban, Minggu (20/11/2022) di Pendopo Krido Manunggal Tuban. Kegiatan yang diselenggarakan DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Tuban menghadirkan Dr. Nafi' Pali, M.Pd sebagai narasumber seminar parenting kali ini.


Pada kesempatan ini, sebanyak 800 guru TPQ dari Kecamatan Tuban, Palang, dan Semanding di Pendopo Krido Manunggal. Sebelumnya, kegiatan serupa juga diselenggarakan di 3 lokasi terpisah yang diikuti guru TPQ dari 17 Kecamatan lainnya.


Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan guru TPQ menjadi sosok yang mampu membentuk pondasi bagi generasi penerus Kabupaten Tuban. Guru TPQ juga menjadi tauladan, semangat, dan memotivasi bagi santrinya.


Lebih lanjut, Pemkab Tuban telah mengalokasikan dana pada APBD 2023 untuk tunjangan guru TPQ dengan total penerima 9.485 guru TPQ Se-kabupaten Tuban. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan sejumlah 8.550 di tahun 2022. Pemkab Tuban juga telah menyiapkan anggaran untuk peningkatan masjid, mushola, TPQ, dan Madrasah Diniyah.


Mas Lindra menerangkan saat ini masyarakat global dihadapkan dengan kehadiran teknologi yang kian mutakhir. Kemajuan teknologi harus ditangkap sebagai peluang untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak. Teknologi harus dikemas untuk mendukung pendidikan dan pengajaran Alquran. Pemanfaatan teknologi informasi harus dilandasi akhlak dan budi pekerti yang luhur.


Mas Lindra menyatakan Kabupaten Tuban akan berkembang menjadi wilayah industrialisasi. Menyikapi hal tersebut, guru TPQ diharapkan membekali anak didiknya dengan pondasi dan akhlak yang mulia. "Mengajarkan Alquran dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.


Sementara itu, Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Tuban, Muh. Subhan menyampaikan penyelenggaraan kegiatan parenting bagi guru TPQ dibagi menjadi 4 wilayah. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun keluarga dan lingkungan agar senantiasa mencintai Alquran. "Menerapkan nilai yang terkandung didalamnya," katanya.


Subhan menyatakan BKPRMI Tuban bersama guru TPQ siap mendukung program pembangunan di Kabupaten Tuban. Dukungan dan pendampingan dari Pemkab Tuban sangat diperlukan guna pengembangan BKPRMI Tuban yang lebih baik lagi. (mas). 

Artikel Terkait

Mas Lindra Buka Seminar Parenting Guru TPQ Kabupaten Tuban
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori