Minggu, 28 Agustus 2022

Ular Raksasa Joko Cluntang Hibur Penonton Pawai Budaya Kabupaten Bojonegoro 2022




BOJONEGORO, MCE - Setelah vakum dua tahun akibat pandemi covid-19, SMKN 5 Bojonegoro dengan nomor urut pendaftaran 005 ikut menyemarakkan Pawai Budaya Kabupaten Bojonegoro Tahun 2022 tingkat SMA/SMK/MA, Perguruan Tinggi dan Umum dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI yang bertajuk Pesona Budaya Bojonegoro yang diberangkatkan langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah. Minggu (28/8/2022).


Pawai Budaya kali ini SMKN 5 Bojonegoro mengusung tema Sendang Nanom Cerita Rakyat dari Dusun Ringinanom Desa Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro.


Sendang Nanom adalah sumber air yang sangat penting untuk warga Dusun Ringinanom Desa Tumbrasanom Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Para wanita biasanya ngindhit air dengan menggunakan gemblok. Sementara untuk pria biasanya membawa air dengan cara di panggul. Selain untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari warga juga mempercayai bahwa mandi di Sendang Nanom bisa membuat awet anom (muda). Itulah alasan mengapa warga menyebut sendang tersebut dengan Sendang Anom atau Sendang Nanom.


Di Sendang Nanom juga menyimpan sebuah legenda tentang ular raksasa penunggu sendang tersebut. Warga menyebutnya Sowo Bumi dan bernama Joko Cluntang. Kemunculan ular raksasa itu sebagai pertanda akan datangnya panen padi yang melimpah. Kadang kala ular raksasa juga menampakkan diri dalam wujud pria tua berjenggot yang memakai surban bernama Mbah Singo Jenggot. Ular tersebut adalah peliharaan Eyang Pragolopati, pejuang laskar Diponegoro dari Mataram Jogja yang mbabat alas Dusun Ringinanom.



Sebagai wujud rasa syukur, warga dusun dipimpin oleh sesepuh dan perangkat desa mengadakan nyadran (sedekah bumi) setelah masa panen padi pada hari Jumat Pahing sekitar bulan Mei dan Juni. Nyadran dilaksanakan di Sendang Nanom dan di petilasan Eyang Pragolopati.


Sesaji untuk nyadran harus pepek (genap), apabila ada sesaji yang kurang, warga percaya bahwa akan turun hujan yang lebat sampai terjadi banjir. Sesaji nyadran tersebut diantaranya adalah takir klontang yang berisi cok bakal berupa telur, bunga setaman, jajan pasar, daun suruh yang diikat, umpet dan merang. Selain itu ada juga jenang tolak balak dan kemenyan.


Pada kesempatan itu ular raksasa Joko Cluntang penunggu Sendang Nanom meliuk-liuk menghibur penonton pawai budaya tahun ini. Adapun rute yang dilewati yaitu start di jln Mas Tumapel - jln Mastrip - jln MH Thamrin - jln Panglima Sudirman - jln Teuku Umar - jln WR Supratman - dan finish jln Imam Bonjol.



Program Keahlian SMK Negeri 5 Bojonegoro:

A. Teknik Perminyakan (TPM): 1). Teknik Pemboran Minyak dan Gas (TPMG); 2). Teknik Produksi Minyak dan Gas (TPMG) 

B. Teknik Energi Terbarukan (TET): 1). Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA); 2). Teknik Energi Biomassa (TEB) 

C. Agribisnis dan Agriteknologi: 1). Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). (bp). 

Artikel Terkait

Ular Raksasa Joko Cluntang Hibur Penonton Pawai Budaya Kabupaten Bojonegoro 2022
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori