Selasa, 07 Desember 2021

Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang




LUMAJANG, MCE - Presiden Joko Widodo meninjau beberapa lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021). Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan seluruh kekuatan yang dimiliki dalam melakukan pencarian korban, evakuasi dan penanganan pengungsi di lapangan.


Presiden juga menyempatkan untuk mengunjungi korban yang berada di Posko pengungsian yang berada di Lapangan Dusun Kamarkajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. Ia memastikan kondisi para pengungsi yang berada di Posko tertangani dengan baik, mulai dari segi konsumsi, kesehatan, bahkan air bersih.


"Tadi di lokasi pengungsi, saya juga ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi dapat tertangani dengan baik, baik konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih yang kondisinya mulai membaik," ujarnya.


Terkait rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru. Presiden berharap setelah nanti semua mulai mereda, pemerintah bisa melakukan perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi warga dari tempat-tempat yang memang diperkirakan bahaya untuk dihuni kembali.


"Tadi saya mendapatkan laporan kurang lebih 2.000 rumah yang memang harus direlokasi. Ini segera akan kami putuskan di mana tempat relokasinya, dan saat itu juga akan segera kita bangun karena saya kira semuanya sudah siap," imbuhnya.


Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI juga mengucapkan atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya para korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur.


Turut hadir mendampingi Presiden RI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, Kepala BNPP/Kepala Basarnas, Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. (frp).

Artikel Terkait

Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori