Rabu, 10 November 2021

Ketua Komnasdik Jatim Hadiri Keris Expo di DKS Balai Pemuda Surabaya




SURABAYA, corruptionexpose.com - Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021, Condro Aji Nusantara menggelar Keris Expo (10-14 November) yang diadakan bertempat di Galeri Dewan Kesenian Surabaya (DKS), Balai Pemuda Surabaya. Rabu (10/11/2021). 




Komisi X DPR RI Muhammad Sarmuji, SH, M.Si saat memberikan sambutan dalam pembukaan Keris Expo menyampaikan bahwa Keris adalah warisan budaya leluhur yang perlu dijaga dan dirawat. Saya sendiri mencintai keris sebagai produk budaya kita. Apalagi keris yang ada ini selalu mendampingi pahlawan kita seperti yang terlihat di dalam foto-foto yang ada. Mulai Pangeran Diponegoro, Pangeran Antasari hingga Jenderal Panglima Sudirman yang dikenal sebagai pahlawan Kemerdekaan.






"Peringatan Hari Pahlawan Nasional ini, relevan dengan digelarnya pameran senjata keris. Sebab, keris bagian dari sejarah kemerdekaan di mana keris selalu mendampingi para pahlawan Indonesia baik saat berusaha meraih kemerdekaan maupun mempertahankannya. Itulah alasan adanya pameran keris yang digelar saat ini. Tepat memperingati Hari Pahlawan,” ujanya.




Karena generasi penerus berkewajiban untuk terus merawat dan melestarikan peninggalan budaya keris. Bukan hanya nilai artistiknya saja, tetapi juga nilai kepahlawanan yang ditunjukkan lewat pejuang bangsa Indonesia sebelumnya.





 "Tugas kita yakni saat ini bagaimana warisan keris yang sudah diakui dunia seperti halnya budaya batik sebagai milik bangsa Indonesia ini untuk terus kita pelihara. Karena hal itu menunjukkan bangsa Indonesia tidak pernah melupakan sejarah periodesasi perjuangan bangsa di mana keris selalu hadir,” tutupnya.





Senada disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Keris Expo Teffi Gendrayana mengatakan, bahwa tujuan digelarnya Keris Expo ini untuk melestarikan budaya dan mengembangkan serta memperkenalkan budaya dan warisan bangsa Indonesia agar semakin bisa dikenal oleh para generasi muda penerus bangsa.



Pada kesempatan itu, disaksikan oleh Anggota Komisi X DPR RI Muhammad Sarmuji, SH, M.Si. Dilaksanakan kerjasama atau MoU antara Komnas Pendidikan (Komnasdik) Jawa Timur dan Condro Aji Nusantara, secara simbolis ditandai dengan penyerahan Piagam Kerjasama yang ditandatangani oleh Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi, ST, M.Sc dan Ketua Condro Aji Nusantara Teffi Gendrayana. 


(bp- koord. IT & Media Komnasdik Jatim dan Ketua Komnasdik Tuban)

Artikel Terkait

Ketua Komnasdik Jatim Hadiri Keris Expo di DKS Balai Pemuda Surabaya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori