Rabu, 24 November 2021

Ketua JPKP Andrianto: Jaga Cagar Budaya Jangan Sampai Hilang




BANYUWANGI, corruptionexpose.com - Ramainya isyu yang berkembang di tenga - tenga masyarakat tentang bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibongkar separuh tersebut menuai protes dari beberapa lembaga dan salah satunya JPKP ( Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan).


" seharusnya pihak terkait seperti Dinas pariwisata itu sendiri mengingatkan kepada pihak Investor yang menyewa lokasi tersebut yang notabenya milik PT. Pertani merupakan Milik BUMN tersebut agar tetap menjaga kelestarian budaya, sebab bangunan tersebut merupakan bangunan kuno peninggalan Belanda," terang Andrianto selaku ketua JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan), selasa (24/11/2021). 



Andrianto juga mengatakan," kita sebagai warga Banyuwangi harus mengawasi dan ikut menjaga cagar budaya supaya tidak hilang, karena itu bisa dijadikan Icon Banyuwangi, jangan sampai bangunan kuno peninggalan Belanda hilang tanpa bekas karena ambisi kita untuk memajukan Banyuwangi malah mengorbankan cagar budaya," pungkasnya. 


Sementara itu kepala Dinas Pariwisata saat dikonfirmasi terkait adanya kegiatan proyek yang diarea tersebut terdapat bangunan sebagai cagar budaya Bramuda," itu sudah ada kàjiannya dan yang bersangkutan sudah kita sampaikan mana - mana yang harus dipertahankan dan mana yang bole dibongkar," terangnya. 



Bramuda juga menambahkan," dan memàng benar di area itu terdapat bangunan cagar budaya saya juga katakan kepada pihak Investor agar bangunan yang tengah itu jangan dibongkar karena itu bisa dibuat Icon Banyuwangi dan pihak Investor setuju," pungkasnya. ( rica).

Artikel Terkait

Ketua JPKP Andrianto: Jaga Cagar Budaya Jangan Sampai Hilang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori