Minggu, 14 November 2021

Expo Keris 2021, Gusti Kanjeng Ratu Paku Buwono: Sebuah Momentum untuk Menjaga dan Melestarikan Budaya Bangsa


Ket gambar : Gus Andi didampingi GKR Paku Buwono dan Kanjeng Pangeran Aryo Prastowo memberikan kenang kenangan sebuah keris kepada Bapak Sinarto Kadis Pariwisata Pemprov Jatim yang mewakili Gubernur Jatim.


SURABAYA, corruptionexpose.com - Meski ditengah Pandemi Covid-19,  hal itu tak mematahkan semangat dari Paguyuban Condro Aji Nusantara untuk menggelar Expo Keris 2021. Seperti diketahui sebelumnya pada hari pertama pembukaan acara itu demi memperkenalkan keris ke generasi milenial, Condro Aji Nusantara melakukan Mou dengan Komnasdik Jatim. 


Bertempat di Balai Pemuda Surabaya, Gedung Dewan Kesenian Surabaya. Acara berlangsung selama 5 hari, mulai Rabu- Minggu (10-14/11/2021).


Tentunya itu sebagai langkah maju berkebudayaan untuk menjaga dan melestarikan budaya adiluhung bangsa Indonesia.


Secara spesial, pagelaran expo keris 2021 itu ditutup oleh Gusti Kanjeng Ratu Paku Buwono yang didamping oleh  Gus Andi, Pembina Yayasan Persaudaraan Berbudaya Indonesia.(YPBI), Teddy Wahyono, Sekretaris Paguyupan Condro Aji Nusantara serta R.Ng. Priya Tri Adhi Dharma, S.Kom, Direktur PT. Radarinspirasi Creasindo.


Sebelumnya, pergelaran expo keris 2021 itu merupakan hasil kolaborasi Paguyupan Condro Aji Nusantara, Dewan Kesenian Surabaya (DKS), didukung oleh Yayasan Persaudaraan Berbudaya Indonesia (YPBI) serta PT. Radarinspirasi Creasindo.


Hasilnya, berbagai kalangan dari masyarakat hadir menyemarakkan pagelaran Expo Keris 2021 tersebut. 


Menurut, Gusti Kanjeng Ratu Paku Buwono, keris merupakan buah karya leluhur yang perlu dijaga dan dirawat. Keris penuh dengan makna dan sangat potensial untuk di edukasikan ke semua anak bangsa, maka jangan tinggalkan keris sebagai seni dan bagian dari budaya bangsa Indonesia.

Ket. Gambar: Usai penutupan Expo Keris 2021, foto bersama GKR Paku Buwono


" Maka, tentu tak sia-sia jika kemudian Paguyupan Condro Aji Nusantara beserta rekan-rekan menggelar Expo Keris 2021ini, meski ditengah Pandemi Covid-19",tuturnya.


Lebih lanjut, ia pun berharap, supaya dengan pagelaran Expo Keris 2021 tersebut dapat bermanfaat dan jadi momentum untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia ditengah arus modernitas.


" Mudah-mudahan dapat manfaat, melalui pergelaran Expo Keris 2021, ini sangat luar biasa, semoga jadi momentum dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia", pungkasnya.


Terpisah, Teddy Wahyono, Sekretaris Paguyupan Condro Aji Nusantara menyampaikan apresiasi dan dukungan semua pihak yang turut serta mensukseskan gelaran Expo Keris 2021 tersebut.


" Terima kasih, terima kasih semuanya, atas dukungannya dalam mensukseskan acara ini, semoga acara ini dapat manfaat dan jadi inspirasi serta motivasi kita semua untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa",singkatnya. 


Sementara itu, Darmawan Sekretaris Dewan Kesenian Surabaya.(DKS), mengaku merasa terhormat dan bahagia dengan Gedung Kesenian Surabaya ditempati untuk gelaran Expo Keris 2021 dan jadi bagian saksi sejarah dalam melestarikan budaya bangsa Indonesia. 


" Jadi, dengan ditempatinya Gedung Kesenian Surabaya ini, tentu kami merasa sangat senang dan bangga, setidaknya hal ini menjadi bagian sejarah didalam ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia",pungkasnya. (eko: Komnasdik Tuban). 

Artikel Terkait

Expo Keris 2021, Gusti Kanjeng Ratu Paku Buwono: Sebuah Momentum untuk Menjaga dan Melestarikan Budaya Bangsa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berita Terbaru

Kategori